More

    PERBEDAAN EPIDEMI, PANDEMI, ENDEMI

    ArtikelPERBEDAAN EPIDEMI, PANDEMI, ENDEMI

    Published on:

    Coronavirus atau COVID-19 muncul pertama kali pada akhir 2019 di kota Wuhan, Cina. Virus ini kemudian menyebar dengan cepat ke berbagai belahan dunia. Di Indonesia, Corona terdeteksi pada awal Maret tepatnya 2 Maret 2020. Virus ini menfinfeksi sistem pernapasan hingga dapat menyebabkan sesak nafas.

    Satu pekan setelah kasus Corona terdeteksi di Indonesia, badan kesehatan dunia (WHO) menetapkan virus ini sebagai pandemi yakni pada tanggal 12 Maret 2020. Pandemi sendiri merupakan salah satu pola penyebaran penyakit yang ada di dunia. Di dunia ini, dikenal setidaknya beberapa pola penyebaran penyakit yaitu wabah, epidemi, endemi dan pandemi. Mari kita bahas satu persatu.

    1. Wabah

    Wabah adalah istilah umum untuk menyebut kejadian tersebarnya penyakit pada daerah yang luas dan pada banyak orang, maupun untuk menyebut penyakit yang menyebar tersebut.

    - Advertisement -

    Contoh wabah yang terkenal adalah “Black Death”, sebuah wabah yang terjadi di Eropa pada zaman pertengahan kemudian wabah malaria di Indonesia.

    2. Epidemi

    Endemi merupakan penyebaran penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar secara cepat. Sejatinya epidemi hampir sama seperti wabah, akan tetapi jangkauannya lebih luas dan penularannya sangat cepat. Contohnya adalah kasus chicken pox di Amerika Serikat lalu epidemi SARS di Liberia pada tahun 2003.

    3. Endemi

    Endemi merupakan penyakit yang menjangkiti orang dengan jumlah besar pada suatu wilayah. Wilayah yang dimaksud lebih kecil dari pandemi misalnya saja pada satu negara atau benua saja.

    Contoh dari endemi ini adalah penyakit Ebola yang terjadi di dataran Afrika.

    4. Pandemi

    - Advertisement -

    Menurut WHO, pandemi didefinisikan sebagai penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia. Dapat dikatakan sebagai epidemi yang tersebar.

    Contohnya adalah Covid-19 dan HIV/AIDS.

    Postingan Terkait

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini