BerandaHealthPerbedaan Manfaat Mandi Air Dingin dengan Air Hangat

Perbedaan Manfaat Mandi Air Dingin dengan Air Hangat

-

- Iklan -

Mandi merupakan kegiatan yang biasa dilakukan manusia setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada di tubuh maupun sekedar menyegarkan badan. Untuk mandi bisa menggunakan air dingin ataupun air hangat. Mandi dengan air dingin atau air hangat memiliki manfaat masing masing.

Mandi dengan air dingin biasanya dilakukan setelah seharian beraktifitas. Hal ini bertujuan agar badan kembali segar. Namun berbeda dengan air hangat, biasanya madi dengan air hangat dilakukan saat kondisi seseorang sedang tidak enak bdan. Contohnya saja saat masih demam.

Perbedaan manfaat mandi air hangat dan air dingin ini dipengaruhi oleh suhu. Pengaruh suhu ini digunakan untuk terapi juga, yakni hydrotherapy. Suhu bisa digunakan untuk terapi karena suhu dapat mempengaruhi tubuh manusia.

2. Perbedaan Mandi Air Hangat dan Dingin - Demanganesia

 

MANFAAT MANDI DENGAN AIR DINGIN

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan mandi air dingin dapat memproduksi protein yang diperlukan oleh sistem imun untuk melawan berbagai virus dan penyakit.

2. Mengurangi rambut rontok serta menjaga kesehatan rambut dan kulit

Mandi dengan air dingin dapat membuat rambut menjadi lebih lembut serta bercahaya alami. Selain itu menjaga kulit tetap lembab dan kenyal.

3. Menyegarkan pikiran

Manfaat mandi air dingin bisa membuat kamu merasa segar dan terjaga. Hal ini karena suhu air yang dingin akan membuat otak memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis adrenalin yang membantu pikiran kamu tetap waspada secara alami. Air panas juga bisa membantu kamu menyegarkan pikiran. Namun, hal tersebut tidak bisa sepenuhnya membuat kamu merasa segar.

4. Mengurangi depresi

Meredakan depresi bisa dilakukan dengan cara mandi menggunakan air dingin. Pengidap depresi bisa mencoba mandi air dingin untuk meredakan gejala depresi yang dirasakan. Alasannya, mandi air dingin bisa membuat ujung saraf di permukaan kulit mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak. Hal ini dijadikan sebagai sinyal agar otak tetap aktif dan segar. Otak juga bisa memproduksi hormon beta-endorfin yang bisa membuat kamu merasa lebih baik.

MANFAAT MANDI DENGAN AIR DINGIN

1. Melemaskan otot yang kaku

Setelah melakukan aktivitas yang membuat otot kaku, kamu dapat mandi dengan air hangat. Hal ini sambil memijat bagian yang terasa kaku.

2. Menghilangkan stress

Jika merasa sress atau cemas, kamu bisa mandi dengan air hangat. Dengan menggunakan air hangat, membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertugas membuat perasaan kamu lebih senang dan positif.

3. Meredakan hidung tersumbat

Salah satu manfaat mandi air hangat selanjutnya yaitu membersihkan saluran hidung. Untuk mengetahui manfaat mandi air panas dan air dingin kamu bisa mencoba beberapa saran dan tips yang dianjurkan ya!Kamu bisa mencoba mandi air panas apabila kamu ingin membersihkan saluran hidung yang tersumbat.

4. Melancarkan peredaran darah

Mandi air hangat dapat melancarkan peredaran darah. Mandi air hangat bisa membuat peredaran darah menjadi lancar. Apabila mandi dilakukan di bawah pancuran air, dan dengan tekanan air yang stabil selama lima menit, akan membantu memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.

Nah itu dia perbedaan mandi air dingin dengan air hangat. Kalau kamu lebih suka mandi pakai air yang mana nih? Semuanya baik kok asalkan tepat sesuai waktunya. Jadi kamu harus bijak pakai air dingin atau hangat ya.

Jangan lupa kunjungi sosial media kami yang lain ya 🙂

Facebook : https://www.facebook.com/demanganesia

Instagram : https://www.instagram.com/demanganesia

Twitter : https://twitter.com/demanganesia

- Iklan -
- Iklan -

Postingan Terkait

- Iklan -

Baca Juga

- Iklan -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here