BerandaKomputer6 Tips Merawat Laptop Biar Awet

6 Tips Merawat Laptop Biar Awet

-

- Iklan -

Laptop telah menjadi kebutuhan bagi orang banyak saat ini. Di kehidupan sehari-hari laptop digunakan untuk kebutuhan belajar, bisnis hingga gaya hidup. Seperti alat elektronik yang lain, laptop juga perlu perhatian khusus agar performanya terjaga, apalagi untuk jangka panjang. Sangat penting untuk merawat laptop yang kamu pakai.

Ada beberapa hal yang perlu dihindari juga seperti kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak. Dalam merawat dan menjaga laptop bukan hanya dari perangkat laptop itu sendiri, namun juga perlu diperhatikan dari kondisi sekitar. Berikut cara merawat laptop agar tidak cepat rusak :

1. Gunakan laptop di tempat yang tepat

Merawat laptop dengan menggunakan laptop di tempat yang tepat
Photo by Lisa Fotios from Pexels

Dalam menggunakan laptop tidak bisa di sembarang tempat. Hal ini dapat mempengaruhi kondisi dan performa laptop. Maka dari pada itu, laptop harus diletakkan pada permukaan yang datar dan perhatikan suhu ruangan. Meletakkan laptop pada permukaan yang datar dapat membantu sirkulasi udara sehingga laptop tidak overheat.

Jangan meletakkan laptop di atas kasur, karena sirkulasi udara dapat terhambat dan debu yang ada di kasur dapat tersedot ke dalam laptop. Lalu jika suhu ruangan dirasa terlalu panas, kita dapat menggunakan cooling pad agar laptop tidak terlalu panas. Laptop yang memiliki suhu yang panas secara terus menerus dapat menurunkan performa laptop itu sendiri.

2. Jauhkan laptop dari medan magnet

Merawat laptop dengan menjauhkan laptop dari medan magnet - Demanganesia
Photo by Josh Sorenson on Unsplash

Medan magnet yang ada di sekitar laptop dapat mempengaruhi kondisi laptop. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus maka dapat berakibat seperti sound pada laptop pecah-pecah bahkan tidak berfungsi.

Makanya, jauhkan benda-benda seperti loudspeaker, handphone dan sumber medan magnet lain dari dekat laptop. Hal ini membantu merawat laptop kamu lho. Jadi lebih baik perhatikan barang yang ada di sekitar kamu ya.

3. Perhatikan kondisi baterai laptop

Merawat laptop memperhatikan kondisi baterai laptop - Demanganesia Jika indikator baterai lemah telah muncul, lebih baik segera charger laptop kamu. Jangan biarkan baterai habis. Hal ini dapat menyebabkan usia baterai menjadi pendek.

Lalu charge baterai laptop kamu sampai 100%. Untuk kondisi baterai yang lemah, kamu dapat mengatur laptop menjadi power saved mode.

Jangan lupa untuk mencabut baterai laptop jika sudah penuh. Memang penggunaan laptop dalam kondisi mengecas dapat meningkatkan performa laptop, tetapi jangan secara terus menerus.

4. Perhatikan cara membawa laptop saat berpergian

Merawat laptop dengan memperhatikan cara membawa laptop saat berpergian - Demanganesia
Photo by Kindel Media from Pexels

Komponen yang berada di dalam laptop sangat rentan akan getaran, apalagi sampai terguncang. Saat berpergian atau membawa laptop, perhatikan cara membawanya.

Usahakan membawa laptop dengan tas yang memiliki bantalan khusus agar getaran dapat berkurang. Pokonya usahakan laptop jangan sampai terkena getaran yang berlebihan.

Dalam jangka panjang, goncangan yang terjadi dapat mempegaruhi komponen yang ada di dalam laptop. Jadi hati-hati ya saat membawa laptop kemanapun kamu pergi.

5. Gunakan software dengan hati-hati

Merawat laptop dengan menggunakan software dengan hati-hati - Demanganesia
Photo by Eduardo Rosas from Pexels

Kamu harus selektif terhadap software yang beredar di internet. Jangan sembarangan menggunakan software agar tidak terkena virus yang berbahaya. Gunakan software yang original saja. Untuk mengatasi virus, kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus.

Jadi, hati hati ya menggunakan software yang ada di laptop kamu. Jangan sampai menggunakan software yang ternyata ada virusnya. Kamu ga mau kan kehilangan file-file penting.

6. Menjaga kebersihan laptop

Merawat laptop dengan menjaga kebersihan laptop - Demanganesia
Photo from Freepik

Mungkin hal ini terdengar sepele, akan tetapi akan sangat berpengaruh terhadap performa laptop apabila diabaikan secara terus-menerus. Kotoran yang menumpuk di laptop seperti di kipas laptop akan mempengaruhi panas dari laptop itu sendiri.

Orang-orang seringkali melupakan hal ini. Kebersihan laptop juga merupakan hal yang penting. Jika laptop kamu kotor, hal ini dapat mempengaruhi performa laptop. Contohnya jika kipas laptop kamu banyak debu, hal ini dapat menyebabkan laptop kamu cepat panas.

Itu dia beberapa tips buat cara merawat laptop agar awet. Semoga setelah baca postingan ini, kamu bisa lebih memperhatikan dan merawat laptop kamu ya. Jadi laptop kamu bisa lebih awet dan bisa digunakan lebih lama.

Jangan lupa kunjungi sosial media kami ya 🙂

Facebook : https://www.facebook.com/demanganesia

Instagram : https://www.instagram.com/demanganesia

Twitter : https://twitter.com/demanganesia

- Iklan -
- Iklan -

Postingan Terkait

- Iklan -

Baca Juga

- Iklan -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here